Bagi para Bapak dan Ibu Guru satu lagi kesempatan emas yang ingin mengembangkan potensi dan kemampuan dalam hal mengajar,  telah dibuka peluang beasiswa bagi para guru untuk menimba ilmu di negara sakura (Jepang). 

Maksud dan Tujuan dari Training adalah :

Guru bisa meningkatkan kompetensi mereka agar bisa menghasilkan siswa-siswi juga dengan kompetensi yang baik. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menambah kompetensi guru adalah dengan mengikuti training sesuai bidang keahlian.

Melalui Teacher Training Program yang diadakan oleh Pemerintah Jepang, para guru dapat meningkatkan kualitas pengajaran di bidang mata pelajaran yang mereka ajarkan. Program beasiswa ini akan berlangsung selama satu tahun enam bulan sejak Oktober 2016. Enam bulan di antaranya akan dihabiskan untuk belajar bahasa Jepang.

Beberapa fasilitas yang akan didapatkan oleh guru antara lain tiket ekonomi pulang-pergi Indonesia (Jakarta)-Jepang(Tokyo/Osaka). Biaya pendidikan dan pembuatan visa pelajar akan ditanggung. Para guru juga akan mendapatkan tunjangan 143 ribu yen. Selain itu, juga akan disediakan asrama untuk tinggal yang pembayarannya bisa diatur sendiri oleh penerima beasiswa.

Persyaratan dan Cara Pendaftaran sebagai berikut :

Bagi para guru yang ingin mendaftar beasiswa ini harus memenuhi sejumlah syarat. Mereka harus memiliki pengalaman lima tahun mengajar, pendidikan minimal S-1 atau D-4 serta punya dedikasi tinggi sebagai guru. Pengajar pada semua bidang bisa mendaftar, kecuali PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, Bahasa Arab, Pendidikan Agama, serta Perhotelan. Usia guru saat melamar tidak lebih dari 35 tahun pada 1 April 2016, sehat jasmani dan rohani serta bersedia mempelajari bahasa Jepang.

Berikut dokumen yang perlu disiapkan:

1. Formulir aplikasi dalam bahasa Inggris atau Jepang.

2. Pasfoto berwarna, ditempel di setiap formulir.

3. Fotokopi ijazah pendidikan terakhir.

4. Fotokopi transkip nilai, dilegalisasi serta dicap basah.

5. Surat keterangan dari tempat mengajar yang menjelaskan bila pelamar adalah guru di tempat tersebut.

6. Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah.

 

Deadline pendaftaran adalah 11 Januari 2016. Untuk mendapat informasi lebih lanjut, bisa dilihat melalui website Kedutaan Besar Jepang ini. 

(Sumber : www.okezone.com)